Belajar dari Kesalahan

02.08 Unknown 0 Comments


Pernahkah kamu gagal dalam melakukan sesuatu? Atau gagal menjalankan sesuatu?
Aku yakin pasti semua pernah mengalami sebuah kegagalan. Entah yang muda maupun tua sepertinya pernah mengalaminya. Bagaimana rasanya? Pasti kebanyakan menganggap kegagalan adalah suatu hal yang sangat menusuk dihati alias sangat menyebalkan dan tak jarang membuat orang jadi terpuruk. Bahaya sekali jika seseorang salah menanggapi sebuah kegagalan. Bisa-bisa merusak hidup seseorang dan menyebabkan keputus asaan seseorang.

Pernah dengar istilah Kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda? atau mungkin justru bosan dengan istilah tersebut? sebenarnya jika ditelaah lebih mendalam, saya secara pribadi sangat membenarkan istilah tersebut. Kegagalan memang terkadang menyakitkan namun akan lebih menyakitkan lagi apabila keterpuruk dalam kegagalan. Sehingga akan sangat beruntung sekali jika mempu mengolah sebuah kegagalan menjadi sebuah pengalaman dan bahan pelajaran untuk maju ke depan alias sebuah perbaikan diri.

Thomas Alfa Edison seorang penemu hebat itu justru mengalami banyak kegagalan. Sebelum menemukan lampu bohlam, beliau beberapa kali mengalami kegagalan hingga mencapai ribuan. Bahkan sempat membuat beliau setres. Namun Edison tak menyerah begitu saja, keyakinannya yang perlu diacungi jempol adalah Saya pasti akan sukses karena telah kehabisan percobaan gagal. Luar biasa begitu percaya dirinya beliau sehingga tak heran bisa menemukan lampu bohlam yang bisa kita nikmati manfaatnya sampai sekarang ini. Tak bisa dibayangkan apabila Edison menyerah atas usahanya yang pertama, kedua atau ketiga kalinya, tentu tak ada penerang di malam hari.

Orang-orang hebat selalu tak pernah luput dari sejarah dengan banyak kegagalan. Tak heran terkadang muncul sebuah kata-kata bahwa kegagalan memang harus ada agar seseorang mau belajar. Berhenti menyerah kepada keadaan. Mengutip dari perkataan T.A Edison, Betapa banyak orang yang menyerah padahal hanya perlu beberapa langkah lagi untuk sampai pada keberhasilan.

Jadi teman,
Tetap berusaha meraih sesuatu yang di inginkan, jangan mudah putus asa. Berjuang sepenuh hati. Untuk hasilnya tak perlu repot, percayakanlah kepada-Nya.

You Might Also Like

0 komentar:

Bagi pendapat Sob...