Mengenal Tabulampot

20.46 Unknown 0 Comments





Tabulampot maksudnya adalah tanaman buah dalam pot. Jika tidak punya lahan yang cukup luas untuk menanam buah-buahan, tabulampot bisa menjadi salah satu solusinya. Cukup butuh pot sesuai kebutuhan. Bedanya, untuk menanam buah dalam pot sebaiknya menanam pohon hasil cangkokan bukan dari biji. Tentunya ada keterbatasan menanam di tanah dengan didalam pot. Gak bisa dibayangkan kan pohon mangga yang besar itu dipindahkan dalam pot.


Perawatan tabulampot menurut saya pribadi lebih simple. Yang perlu diperhatikan adalah ketersediaan air dan juga pupuknya. Air tidak boleh teralu banyak, air yang banyak justru akan membuat tanaman menjadi mati. Selain air juga harus diberikan pupuk, entah pupuk cair ataupun pupuk yang lain. jika ditanam ditanah, akar akan lebih mudah berkembang mencari nutrisi yang terkadung dalam tanah. Sedangkan tabulapot terbatas. Sehingga perlu diberi nutrisi yang lebih melalui pupuk.  Paling tidak sebulam sekali diberi pupuk. Jika menggunakan pupuk cair akan lebih maksimal jika disemprotkan diantara jam 12 siang karena lebih cepat diserap daun.

Untuk prngendalian hama juga saya rasa lebih ringan karena pohonnya kecil jadi mudah diberi anti hama. Akan lebih mudah lagi jika menggunakan pemberantas hama yang berbentuk cair. Hal itu sangat mudah dilakukan, pemberantas hama dicampur dengan air kemudian disemprotkan merata ke tanaman. Bayangkan kalau mau memberantas hama pada tanaman yg ditanam ditanah. Gak kebayang berpa liter pemberantas hama yang dibutuhkan.

Untuk masalah sinar matahari dapat disesuaikan dengan tanamannya. Ada tanaman yang butuh sinar matahari langsung, ada juga yang sebaiknya janga dibiarkan dibawah sinar matahari langsung. Beberapa tanaman kadang harus diperlakukan khusus. Misalnya untuk tanaman belimbing, cabangnya jika dipotong terkadang akan memperbanyak bunga dan memperbesar kemungkinan menjadi bunga.

Itu sedikit pengalaman yang saya dapatkan ketika memelihara tabulampot. Jangan ragu untuk merawat tabulampot. Hal itu saya rasa dapat menjadi hiburan tersendiri setelah lelah beraktifitas apalagi ketika melihat tanamannya sedang berbuah.

You Might Also Like

0 komentar:

Bagi pendapat Sob...