7 Syarat Komunitas yang Ideal

02.00 Unknown 0 Comments

Sumber : http://www.marketing.co.id


http://www.marketing.co.id

Komunitas sejatinya adalah tempat berkumpulnya berbagai orang yang memiliki pemikiran dan tujuan tertentu yang sama.Sebuah komunitas dibentuk tentunya adalah agar lebih mudah dalam menuju suatu hal yang di inginkan. Sebuah komunitas adalah merupakan wadah bagi anggotanya untuk saling berbagi informasi dan pengetahuan sekaligus mengasah ketrampilan masing-masing.



Sekarang sangat mudah sekali dijumpai komunitas di masyarakat, berbeda sekali dengan dulu yang hanya ada komunitas dalam dunia politik saja. sekarang bahkan jika sempat berkunjung di taman kota ataupun alun-alun akan sangat mudah menemukan berbagai macam komunitas, mulai dari komnitas sepeda, motor, sepatu roda, judo sampai komunitas dance. 

Sebuah komunitas sangat penting sekali memiliki tujuan dan niatan yang baik dan tak merugikan masyarakat tentunya untuk mendapatkan dukungan dari masyarakat. Jika tidak tak heran mendapatkan banyak kecaman seperti kasus-kasus yang baru-baru melanda negri ini yakni kasus gank motor yang sering kali menganiaya orang- orang yang ditemui di jalan bahkan yang lebih parahnya adalah melakukan tindakan asusila terhadap anggotanya sendiri. Masyarakat memang selalu menilai buruk gank motor, Namun tak semua gank motor selalu negatif seperti di atas. Hal ini diakibatkan karena masyarakat selalu dijejali berita- berita negatif tentang gank- gank motor, sedangkan yang positif jarang di ekspos ke media masa.

Saya sendiri sangat senang sekali bisa tergabung dalam sebuah komunitas blogger. Melalui komunitas blogger itu saya merasa bisa menemukan orang- orang yang sepemikiran (red : hobi yang sama). Banyak ilmu- ilmu yang saya peroleh dan juga pegalaman yang tak ternilai harganya. Mungkin sekarang ini tulisan saya tidak terlalu bagus terutama tata bahasanya namun setelah mengenal berbagai komunitas blog sedikit demi sedikit sudah mengalami kemajuan. Di komunitas itu pula saya banyak memperoleh teman- teman yang luar biasa bagi saya, sering memberi masukan dan ajakan- ajakan untuk mengikuti berbagai kegiatan yang tentunya sangat bermanfaat.

Tentunya sebuah komunitas haruslah ideal bagi semua anggotanya. Banyak pemikiran tentang bagaimana komunitas yang ideal itu? kalau saya sendiri berpendapat bahwa

komunitas yang ideal

itu haruslah :
1. Memiliki niatan baik
Niat merupakan sebuah awal dari segala sesuatu. Dengan niat mendapat ridho ilahi, Insya Allah nantinya akan memperoleh manfaat baik dunia maupun akhirat.
Diriwayatkan dari Amirul mukminin Abu Hafs Umar ibn Khottob r.a berkata : Saya telah mendengar Rasulullah s.a.w. bersabda : Hanyalah amalan perbuatan itu tergantung pada niatnya . Dan hanyalah setiap orang itu tergantung pada apa yang diniatkan. Barang siapa yang berhijrah karena Allah dan Rasulnya maka hijrahnya itu menuju Allah dan Rasulnya, barangsiapa yang berhijrah karena dunia yang dia harapkan dan karena wanita yang hendak ia nikahi , maka hijrahnya menuju apa yang ia inginkan ( H.R. Bukhori Muslim )
2. Setiap anggota memiliki kesadaran penuh sebagai anggota komunitas
Sadar di sini maksudnya adalah tahu benar posisinya dalam sebuah komunitas. Dengan kesadaran ini pasti akan memunculkan rasa memiliki dan akhirnya nantinya selal mengusahakan yang terbaik untuk kelancaran komunitasnya. Banyak sekali komunitas- komunitas yang hanya ada gaungnya di awal pembentukannya dan tak ada lagi kabarnya. Salah satu hal yang menyebabkannya adalah kurang sadarnya anggota.
3. Memiliki struktur organisasi
Aneh bukan jika sebuah komnitas tidak memiliki struktur organisasi seperti ketua, wakil ataupun yang lain lain. Struktur organisasi sangat perlu untuk mengatur segala kegiatan para angota komunitas. Ketua juga merupakan salah satu penghubung komunitas dengan masyarakat luas.
4. Adanya empati antar kelompok
Ini hal yang tak bisa dihilangkan. Empati antar anggota akan memunculkan sifat saling peduli yang mampu mendorong semakin kokohnya sebuah komunitas.
5. Memiliki tujuan yang jelas
Penting sekali setiap anggota memiliki tujuan yang jelas untuk bergabung ataupun membentuk sebuah komunitas. Tujuan merupakan hasil yang ingin diperoleh. Membentuk sebuah komunitas tidak hanya asal- asalan ataupun untuk bergaya saja tapi hars memiliki manfaat bagi diri sendiri maupun masyarakat luas.
6. Keterbukaan dan kejujuran setiap anggota
Keterbukaan dan kejujuran akan menghilangkan batas-batas seseorang untuk menjadi makhluk individual. Keterbukaan dan kejujuran merupakan tombak dalam menjalin sebuah hubungan dengan orang lain.
7. Adanya interaksi yang baik
Interaksi sangat penting mengingat manfaatnya dalam sebuah komunitas untuk saling berbagi ide ataupun gagasan agar terhindar dari kesalahpahaman dalam sebuah kelompok sosial.

Sumber : http://berandadunia.blogdetik.com/index.php/2013/05/komunitasideal/

You Might Also Like

0 komentar:

Bagi pendapat Sob...